Tips Penting Saat Pertama Kali Berkunjung ke Jepang

jepang

Banyak sekali orang yang penasaran dan ingin berkunjung ke negara Jepang yang unik dan mempesona. Jika Anda baru pertama kali mengunjungi Jepang, mungkin tips penting saat pertama kali berkunjung ke Jepang ini akan membantu.

Setidaknya ada beberapa hal yang harus anda ketahui dan persiapkan. Ini bertujuan untuk menunjang kenyamanan sewaktu anda berlibur. Apa sajakah tips tersebut, berikut ini ulasannya.

Iklim Jepang & Waktu Terbaik Mengunjungi Jepang

Jepang adalah tujuan perjalanan sepanjang tahun.  Namun, waktu terbaik untuk mengunjungi Jepang akan bergantung pada cuaca, tingkat turis, dan aktivitas yang ingin Anda lakukan di Jepang.

Cuaca di Jepang

Waktu paling populer untuk mengunjungi Jepang adalah pada musim semi (Maret – Mei) atau musim gugur (September – November) saat cuaca cerah.  Maklum, musim semi dan musim gugur juga menjadi musim tersibuk bagi wisatawan.  Cobalah berkunjung di awal atau akhir musim atau bepergian pada pertengahan minggu untuk menghindari keramaian.

Sebaliknya, musim panas di Jepang (Juni – Agustus) bisa sangat panas dan lembab, sedangkan musim dingin di Jepang (Desember – Februari) bisa terasa sepi dan dingin.  Namun, jika Anda pecinta ski dan ingin bermain ski di lereng, musim dingin adalah waktu terbaik untuk mengunjungi Jepang.

tips pergi ke jepang

Musim Bunga Sakura Jepang

Salah satu sorotan utama Jepang adalah melihat bunga sakura cantik yang menyelimuti negara di musim semi.  Musim bunga sakura, atau musim Sakura, biasanya terjadi pada akhir Maret hingga awal April di kota-kota besar, dan kemudian berlanjut ke utara.    Jika hati Anda ingin melihat bunga sakura, tujukan untuk tinggal di Jepang selama beberapa minggu,

Walaupun bunga sakura tidak diragukan lagi unik dan indah, alternatifnya adalah mengunjungi Jepang selama musim gugur.  Musim dedaunan musim gugur bergerak ke seluruh negeri selama musim gugur, dan mewarnai pedesaan dengan warna merah, oranye dan kuning yang semarak.

Tempat Terbaik untuk Dikunjungi Saat Pertama Kali ke Jepang

Jepang sendiri menyimpan banyak tempat destinasi wisata yang menarik, untuk itu perlu direncanakan terlebih dahulu, wisata mana saja yang akan anda kunjungi. Selengkapnya seperti berikut.

Putuskan Tempat untuk Mengunjungi di Jepang

Untuk perjalanan pertama ke Jepang, Anda tidak boleh melewatkan Tokyo, ibu kota Jepang yang semarak dan sedikit gila.  Tokyo biasanya merupakan perhentian pertama dalam rencana perjalanan orang ke Jepang, karena merupakan rumah bagi bandara terbesar di negara itu dan banyak penerbangan internasional mendarat di sana.

Setelah Tokyo, tempat-tempat populer untuk dikunjungi pada perjalanan pertama Anda ke Jepang termasuk Kyoto tradisional yang dipenuhi dengan kuil-kuil yang indah, Osaka dengan makanan dan kehidupan malam yang menakjubkan, Nara kuno dengan rusa jelajah gratisnya yang terkenal, dan Hiroshima yang menenangkan yang merupakan situs bom atom pertama di dunia. Bahkan lebih baik lagi, tempat-tempat ini semua digabungkan dengan sangat baik menjadi rencana perjalanan 7-10 hari yang sempurna di Jepang, dan mudah dicapai dengan kereta api.

Transportasi untuk Perjalanan Pertama ke Jepang

Cara terbaik untuk berkeliling Jepang biasanya dengan kereta api.  Kereta Jepang sangat efisien, dengan jaringan yang luas, keberangkatan yang sering, dan tempat duduk yang nyaman.  Faktanya, sering kali lebih cepat untuk naik kereta daripada pesawat di Jepang karena stasiun kereta biasanya terletak lebih sentral dan tidak memerlukan check-in lebih awal.

Jepang terkenal dengan kereta ‘peluru’ Shinkansen, yang merupakan kereta cepat yang luar biasa tinggi.  Kecepatan ada harganya, jadi pastikan untuk meneliti harga dan merencanakan anggaran Anda sebelumnya.  Kereta lokal bisa lebih murah, tapi jauh lebih lambat.

Cari tahu apakah Japan Rail Pass hemat biaya

Japan Rail Pass memberi Anda perjalanan kereta tanpa batas di kereta JR, yang merupakan jaringan nasional dan mencakup perjalanan antar kota dan dalam kota.  JR Pass termasuk perjalanan dengan kereta peluru Shinkansen, kecuali kereta tercepat Nozomi dan Sakura.  Namun, ada kereta Shinkansen alternatif untuk rute yang sama yang hanya sedikit lebih lambat.

JR Pass tersedia untuk 7, 14, atau 21 hari perjalanan.  Anda dapat membeli tiket nasional atau tiket regional yang lebih murah jika Anda hanya akan berada di satu wilayah.

wisata jepang

Uang & Biaya Berwisata di Jepang

Sungguh disayangkan bahwa Jepang adalah negara yang mahal untuk dikunjungi.  Jangan berharap untuk melakukannya dengan sedikit biaya seperti yang Anda bisa untuk perjalanan singkat di Asia Tenggara.

Bawa Uang Tunai ke Jepang

Di Jepang, uang tunai masih menjadi raja, setidaknya dibandingkan dengan banyak negara lain.  Beli Yen, mata uang Jepang, di Indonesia sebelum mengunjungi Jepang.  Jepang tidak memiliki mesin ATM sebanyak negara lain, dan terkadang ada masalah.  Sebagian besar hotel juga memiliki layanan penukaran uang, meskipun nilai tukar bisa jadi tidak menguntungkan.

Makanan Jepang

Makanan Jepang yang enak adalah salah satu yang menarik dari mengunjungi Jepang.  Benar-benar pengalaman baru untuk mencicipi hidangan lokal dan senang dengan rasa baru yang mengejutkan .

Di Jepang, tidak jarang ada restoran yang mengkhususkan diri pada satu jenis makanan, seperti ramen (mie kuah), gyoza (pangsit), yakitori (tusuk daging dan sayuran), okonomiyaki (pancake gurih berlapis), sashimi (ikan mentah)  atau sushi.

Akomodasi di Jepang

Hotel di Jepang cenderung lebih kecil daripada di negara barat, dan umumnya tidak murah.

Untuk wisatawan dengan anggaran terbatas, pilihan bagus termasuk hostel atau hotel kapsul terkenal di Jepang.  Seperti namanya, hotel kapsul atau kapsul memiliki kamar kecil kira-kira seukuran tempat tidur tunggal, sering kali bertumpuk dua tinggi, dengan kamar mandi bersama dan loker untuk barang-barang pribadi Anda.

Apa itu Ryokan?

Ryokan adalah penginapan tradisional Jepang, biasanya dengan lantai tikar tatami, tempat tidur bergaya futon, area pemandian umum, dan keramahan lokal.

Menginap di ryokan bisa menjadi cara yang bagus untuk merasakan keramahan tradisional Jepang dan belajar dari tuan rumah Anda.

Bahasa Saat Bepergian di Jepang untuk Pertama Kalinya

Bahasa Inggris tidak digunakan secara luas di Jepang seperti yang Anda duga.  Meskipun Anda akan menemukan penutur bahasa Inggris di hotel, tempat wisata utama, dan populasi umum, jangan harap setiap asisten toko atau semua staf restoran berbicara bahasa Inggris.

Meskipun Anda tidak dapat melakukan percakapan, mempelajari beberapa frasa kunci dalam bahasa Jepang akan sangat membantu. Ini merupakan salah satu tips lainnya yang sangat bermanfaat.

Budaya & Etika Jepang

Etiket dan tata krama sangat penting dalam budaya Jepang.  Meskipun beberapa kebiasaan Jepang mungkin tampak terlalu formal bagi pengunjung barat, itu adalah cara untuk menunjukkan kesopanan dan rasa hormat.

Teliti adat istiadat dan etiket Jepang sebelum mengunjungi Jepang.  Beberapa tips untuk Anda :

Membungkuk: Di Jepang, membungkuk biasanya digunakan sebagai sapaan (busur kecil atau anggukan kepala) atau tanda hormat (membungkuk lebih dalam).  Jika seseorang membungkuk kepada Anda, Anda dapat membalas dengan membungkuk kecil atau kepala condong ke belakang.

Sepatu: Lepaskan sepatu Anda sebelum memasuki rumah, wisma tamu ryokan dan kuil tradisional.  Beberapa restoran dan tempat lain juga akan meminta Anda melepas sepatu.  Biasanya Anda akan diberikan sandal untuk dipakai di dalam ruangan.

Makan: Sumpit hanya untuk dimakan.  Jangan gunakan sumpit Anda untuk menarik perhatian, menunjuk, atau bermain-main.  Di sisi lain, tidak apa-apa menyeruput mi dengan berisik untuk menghargai rasa dan rasanya.  Menyeruput!

Transportasi Umum: Saat naik kereta, orang Jepang akan membentuk antrian tertib untuk naik dan umumnya akan menjadi pendiam dan menghormati wisatawan lain.  Hindari berbicara dengan keras atau berbicara di ponsel Anda saat berada di transportasi umum.  Ini merupakan salah satu tips penting saat pertama kali berkunjung ke Jepang yang sangat bermanfaat.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like