Curug Cigamea Bogor, Pesona Wisata Hutan Pinus Gunung Bunder

Curug Cigamea Bogor

Curug Cigamea Bogor – Wilayah Bogor terkenal akan keindahan panorama alamnya yang mempesona, menjadikan tempat ini sebagai tujuan wisata bagi para pelancong. Terutama bagi mereka yang tinggal di Kota Jakarta. Kegiatan wisata di daerah ini sangat aktif, banyak sekali obyek wisata alam yang menyuguhkan panorama alam memikat seperti Bunga Sakura di Kebun Raya Cibodas, Little Venice, Taman Matahari dan masih banyak lagi.

Dari sekian banyak obyek wisata yang ada, kali ini kami akan mereview tentang Wana Wisata Curug Cigamea Bogor yang juga digandrungi karena pesona hutan pinusnya yang indah. Dikatakan juga bahwa Curug Cigamea angker dan terkenal mistis.

Curug Cigamea lokasinya cukup strategis untuk sobat yang menginginkan sensasi wisata yang tenang dan adem. Karakteristik dari Curug Cigamea ini cukup unik karena terdiri dari dua air terjun yang berbeda.

Air terjun yang pertama lokasinya lebih dekat dengan jalan masuk, dengan tebing curam menyerupai dinding dan didominasi bebatuan hitam. Ketinggian air di lokasi ini tidak terlalu dalam sehingga tidak dapat anda gunakan untuk berenang.

Sedangkan untuk yang kedua lokasinya sekitar 30 meter dari air terjun pertama. Aliran air terjun yang kedua ini berada dicelah tebing. Tinggi air terjun ini mencapai 50 meter dan terjun melalui celah-celah tebing. Untuk debit airnya lebih deras dibandingkan dengan yang pertama.

Di lokasi Curug Cigamea yang kedua ini memiliki area yang lebih luas, warna air yang biru kehijau-hijauan di bagian tengah kolam menandakan bagian tersebut cukup dalam. Karena kolamnya cukup dalam, aktivitas berenang di lokasi memungkinkan untuk dilakukan.

Obyek wisata Curug Cigamea terletak di Kawasan Wisata Gunung Salak Endah (GSE) yakni tepatnya berlokasi di kaki Gunung Salak di bawah naungan TNGHS (Taman Nasional Gunung Halimun Salak). Masih dalam satu kawasan ini terdapat juga tiga curug lainya yakni Curug Seribu, Curug Ngumpet dan Curug Cihurang.

Lokasi Curug Cigamea

Curug Cigamea terletak di Desa Gunungsari, Kec Pamijahan, Kab Bogor, Propinsi Jawa Barat dengan titik koordinat GPS: 6° 41′ 40.30″ S 106° 41′ 8.48″ E . Anda dapat melihat lokasi dan petanya pada titik tersebut.

Rute Menuju Curug

Untuk dapat sampai ke lokasi para pengunjung dapat menggunakan kendaraan pribadi seperti mobil maupun motor maupun sarana stransportasi umum berupa angkot . Jika anda membutuhkan informasi rute ke curug cigamea naik motor terdapat setidaknya empat jalur alternatif yang dapat ditempuh yakni :

  • Jalur Cemplang / Cibungbulang, menuju ke Pamijahan, lanjut ke Salak Endah
  • Cikampak menuju ke Cibatok, lanjut ke Salak Endah
  • Jalur Tamansari menuju ke Gunung Bunder, lanjut ke Salak Endah.
  • Jalan Raya Bogor, menuju ke Leuwiliang

Catatan : Jalur yang paling sering digunakan oleh para traveller adalah Jalur Jalan Raya Bogor menuju ke Lewuwiliang dikarenakan kondisi fisik jalan di jalur ini lebih bagus dan tidak berkelok-kelok.

Mengunakan Sarana Transportasi Umum :

  • Bogor (Terminal Barangsiang) naiklah angkot 03 jurusan Bubulak
  • Selanjutnya anda harus menaiki angkot ke jurusan Leuwiliang.
  • Kemudian anda turun di pertigaan Cibatok atau Cibungbulang,
  • Setibanya disana diteruskan naik angkot lagi ke jurusan Gunung Picung hingga pemberhentian terakhir angkot.
  • Dari lokasi pemberhentian terakhir angkot ini anda dapat meneruskan perjalanan dengan berjalan kaki atau naik ojek ke pintu gerbang (pos jaga) Wana Wisata Gunung Salak Endah.

Aksesbilitas Menuju Curug Cigamea

Curug Cigamea jaraknya kurang lebih sekitar 38 km dari kota Bogor hingga Pintu Gerbang Kawasan Wisata Gunung Salak Endah. Kemudian jarak dari pintu gerbang ini berjarak lebih kurang 4 km hingga tiba di pintu masuk Curug Cigamea. Selanjutnya perjalanan akan dilanjutkan dengan berjalan kaki menyusuri jalan setapak menuruni lembah lebih kurang 350 m atau 20 menit waktu tempuh hingga tiba di lokasi Curug Ngumpet.

Kondisi dan aksesbilitas jalan menuju lokasi sudah baik dengan jalan setapak terbuat dari batu dan disusun rapi dalam bentuk susunan anak tangga (paving block). Untuk pinggirannya diberi pembatas berupa pagar besi.

Fasilitas di Curug Cigamea

Di beberapa bagian jalan disediakan fasilitas berupa tempat peristirahatan yang dapat anda gunakan untuk melepas lelah. Dari sini keindahan panorama alam air terjun Curug Cigamea sudah terlihat.

Selama perjalanan menuju ke lokasi anda akan menjumpai beberapa ekor monyet . Menurut penjaga pintu kawasan curug ini, monyet-monyet liar yang datang ke lokasi hingga 50 ekor jumlahnya.

Villa Curug Cigamea

Di dekat kawasan Curug Cigamea sudah terdapat akomodasi berupa Villa dan perhotelan yang dapat anda gunakan untuk bermalam. Jika anda datang dari luar kota maka tak perlu khawatir tentang hal tersebut.

Harga Tiket Masuk Curug Cigamea

Untuk harga tiket masuknya sendiri dibanderol dengan sangat murah yakni dibanderol dengan harga Rp.3500 per orang. Sedangkan untuk masuk kawasan Wisata Gunung Salak Endah (GSE) dikenakan biaya tiket sekitar Rp 7000 per orang termasuk kendaraan roda dua.

Baca juga:

Inilah pesona wisata Curug Cigamea Bogor dan pesona hutan pinusnya yang menggoda. Semoga bisa menjadi referensi untuk anda. Selamat berlibur !!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like